Sunday, September 16, 2012

tips nyaman jalan sendiri

jadi, apa yg menarik dari jalan-jalan sendirian? Banyak! 
tanpa harus mendramatisir sedihnya jalan tanpa ada temen ngobrol, mari kita cari sisi baiknya. hahaha! 
iya, masi ada kok sisi menyenangkan dari jalan sendirian ;)

mungkin cerita ini akan banyak memakai sudut pandang perempuan. ya jelas karena saya jg perempuan. dan tidak banyak pengalaman bagaimana menjadi laki-laki yg harus jalan sendirian, jadi saya tegaskan cerita ini memakai sudut pandang perempuan. oke. end of discussion. terima kasih. 

tips ini bersifat sangat umum. berlaku untuk kalian yg ingin bepergian dalam jarak dekat, agak jauh, bahkannsangat jauh. 
tips bagi kalian yg akan jalan-jalan sendirian: 

  1. memakai pakaian yg nyaman. seriously, sesuaikan kemana kalian akan pergi dengan apa yg akan kalian pakai. jangan sampe tujuan nya ke pantai tapi kalian pake kebaya, kain jarik, dan sendal high heels. percayalah, kebaya termahal di dunia pun tidak akan nyaman dipakai saat di pantai sayang. kecuali kamu ke pantai untuk sesi pemotretan dgn tema itu (tema pemotretan pake baju kebaya di pantai? kayaknya tetep gak cucok ya, cyin). menggunakan pakaian dan perhiasan yg mencolok adalah hal yg harus dihindari. selain rawan tindakan kriminal, pakaian yg mencolok jg bisa merusak konsentrasi orang-orang yg di sekitar kamu. contoh, kalo kamu jalan-jalan naik motor cuma pake tank top dan celana pendek yg berakibat belahan dada dan paha kamu kemana-mana, yg ada bisa ngerusak konsentrasi supir bis kota yg ngeliat kamu. nah kalo udah begitu, yg terancam kan nasib penumpang bis itu kalo ampe mata si supir meleng kemana-mana cuma gara2 ngeliatin gaya berpakaian kamu. pengalaman yg sering saya alami, harus pergi ke beberapa tujuan sekaligus dgn outfit yg tidak mumpuni. jadi saya sering bgt mengalami kaki lecet karena harus pake flat shoes, sedangkan saya jg harus hunting barang ke banyak toko. untuk kasus seperti ini, pilih alas kaki yg bisa dipakai di segala medan. saya menyarankan crocs. model bisa disesuaikan dengan bentuk kaki teman2. 
  2. bersikap ramah dengan orang-orang yg kalian temui. termasuk tukang parkir, pengamen, pengemis, dan lain-lain. tidak perlu terlalu ramah dan banyak berbasa-basi. sikap standar seperti mengucapkan terima kasih kepada tukang parkir, atau mengucapkan 'maaf' dengan sopan kepada pengemis jika tidak ingin memberi uang, dan yah semacam itu lah. kenapa ramah ini perlu? tips ini saya banyak belajar dari ibu. kata ibu, kita gak tau apa yg akan terjadi nanti. apalagi kalo punya riwayat penyakit kambuhan seperti asma, jantung, dll. orang2 di sekitar mu lah yg pertama kali akan menolong kamu. bayangkan kalo kamu baru saja bersikap kasar dan menyinggung perasaan mereka. tidak lama berselang asma kamu kambuh. yah, lanjutannya silahkan dibayangkan dan diterusin sendiri yah~
  3. jadilah pengendara/pejalan kaki/pengguna jalan yg baik. tidak serudukan saat berkendara, tidak mendadak saat belok/jalan/berhenti, tidak sok2an ambil lajur tengah saat berkendara lambat, tidak menyebrang sembarangan, tidak ngebut di jalan sempit/padat penduduk, tidak menyalakan lampu jauh saat ada kendaraan dari arah berlawanan, dan hal-hal menyebalkan lainnya. percayalah, karma does exist, bro! menjadi menyebalkan di jalan raya dapat menyebabkan dosa orang lain bertambah. sungguh bukan hal yg baik. 
  4. bawa cukup uang dan cukup pulsa. hape dan dompet emang jangan sampai lupa. tidak perlu lagi dijelaskan kenapa ya. hahaha. tidak perlu bawa uang banyak, yg penting cukup. kalo uangnya gak cukup buat jajan, ya berarti gak usah jajan. setidaknya pastikan kalian dalam kondisi aman. poin ini juga berhubungan dengan waktu kapan kamu pergi atau pulang, termasuk rute mana yg kalian akan lewati. pastikan itu aman. kalo kalian ragu2, ya lebih baik tidak usah pergi sendiri. cari teman atau tidak usah pergi sama sekali. safety first, darling. 
  5. menikmati perjalanan. iya, ujung2nya adalah ya nikmati aja perjalananmu. kalo suka jajan ya belilah makanan yg enak. kalo suka belanja, ya belanjalah yg bijak. kalo suka foto2, ya fotolah yg tertib. nikmatin aja. belum tentu besok-besok bisa ke situ lagi :)


yak itu tadi sedikit tips jalan jalan sendiri dari saya. 
sangat boleh kalau teman-teman ingin menambahkan tips di boks komentar :)

2 comments:

didi said...

hay dian, yuk di follow ning-ratan.blogspot.com kepunyaan aku yg baru

ddiiannn said...

sudah difollow, bang :D